Bahasa Daerah Ga Gaul Banget Gitu loh :(

Hari gini dengan bahasa daerah ? pasti banyak jawaban yang kita dapat mulai dari Ga Jaman, Kuno, katrok, Ga Gaul Banget Gitu loh . Yah tapi itulah yang saya lihat sekarang, bukan hanya di Bali sebagai tempat kelahiran saya, dimana semakin hari semakin banyak orang bali sendiri yang tidak bisa berbahasa bali. Di Jawa juga sekarang sudah banyak anak – anak yang sudah tidak bisa berbahasa jawa, yang paling maksimal sekedar mengerti dengan apa yang dia dengar tapi untuk mengucapkannya lidah itu terasa kaku.

Indonesia memiliki Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, Indonesia juga memiliki kekayaan bahasa daerah yang sangat beragam. Tapi setelah saya lihat sekarang ini sepertinya suatu saat nanti bahasa daerah itu akan hilang yang disebabkan oleh orang di daerahnya masing-masing sudah tidak mau mempergunakan dan meneruskan bahasanya ke anak dan cucunya.

Saya ingat waktu masih sekolah, kuliah dan sampai saat ini juga sering terjadi. Banyak teman-teman baru yang sempat bermain ke rumah kaget saat saya berkomunikasi dengan kedua orang tua di rumah dengan bahasa bali alus. hinga sering terdengar ” Kamu Orang Berkasta ya “, hal itu terlontar karena umumnya di Bali tradisi berbicara dalam bahasa bali alus dipergunakan oleh oleh orang-orang berkasta.

Maaf itu tidak berlaku di keluarga saya. Bahasa Bali alus itu bukan milik orang berkasta tapi milik Orang Bali secara keseluruhan.  Kalau bukan kita yang mempelajarinya siapa lagi ?

Jangan sampai nantinya orang bali sendiri tidak bisa berbahasa bali, atau orang jawa yang harus bengong saat diajak berbahasa jawa. Banyak yang beranggapan kalo pendidikan bahasa itu berawal dari kelurga. Sah-sah saja anda memberlakukan bahasa indonesia, bahasa inggris atau bahasa lainnya di dalam lingkungan keluarga, tapi apakah anak yang kita didik dan biasakan sejak kecil di keluarga berbahasa daerah tidak akan bisa berbahasa indonesia atau bahasa inggris ?

Menurut saya tidak,  karena bahasa Indonesia pasti didapatkan di bangku sekolah dan begitu juga bahsa lainnya yang bisa kita dapatkan melalui sekolah formal lainnya.

Cintailah bahasa daerahmu.. Cintailah bahasa Indonesia dan terbukalah untuk memperlajari bahasa internasional 🙂