Batavia Pailit Travel Agent Gigit Jari

Terjadi lagi kasus penutupan maskapai penerbangan secara sepihak dengan alasan pailit. Kali ini Batavia yang di kenal dengan slogannya “Trust Us To Fly” saat ini sudah tidak berlaku lagi karena jangankan dipercaya untuk terbang, mengembalikan uang penumpang yang sudah terlanjur beli tiketpun tidak akan mudah prosesnya.

Belum lagi uang deposit  travel agent yang tidak jelas rimbanya, dalam beberapa kasus maskapai pailit atau bangkut belum pernah ada penyelesaian yang berarti dan disarakan langsung baik oleh penumpang maupun travel agent.

Beberapa maskapai di indonesia yang pernah bermasalah dan dinyatakan pailit seingatku antara lain Bouraq air, Sempati air, AWAIR, Star Air, ADAM air, Mandala air, Batavia Air.  Keputusan Pailit ini aku pikir menjadi jurus ampuh untuk melepaskan segala tanggung jawab ke penumpang maupun travel agent. Walaupun nantinya maskapai ini akan kembali beroperasi dengan nama yang sama maupun beda tetap tidak akan ada perhitungan yang pasti akan masalah ini.

Aku pernah menanyakan ke salah satu maskapai yang pernah ditutup namun kembali beroperasi dengan brand yang sama setelah bekerjasama dengan maskapai dari singapore tentang uang dari travel agent, mereka hanya bilang maaf itu bukan management kami 🙁

Ya sebagai penumpang maupun travel agent kita hanya bisa gigit jari jika ada masalah begini.