Merpati tidak setia lagi pada pasangannya

Kantor Merpati MelatiAkhirnya aku menulis lagi setelah tulisan yang terakhir tercatat  

Hmmm… Aku sempat bingung saat menulis judul di tulisan ini, hingga aku memilih judul ini aku tetap berharap semua bisa berjalan dengan baik. Ok mari kita bahas kenapa judul tulisan ini ” Merpati tidak setia lagi pada pasangannya” . Aku memakai istilah ini karena seperti yang kita tahu merpati adalah binatang yang sangat setia dengan pasangannya. Tapi ini tidak berlaku lagi oleh merpati nusantara salah satu perusahaan milik negara yang beridiri sejak 6 September 1962.

Travel Agent yang merupakan salah satu pintu penjualan dari merpati dalam menjual semua tiket dan produk yang merpati tawarkan kepada penumpang dimana sudah sepantasnya mendapat perhatian khusus seperti burung merpati yang memperhatikan dan menyayangi pasangannya namun itu tidak aku dapatkan tadi siang di Merpati Nusantara.

Siang tadi sekitar jam 11 aku datang ke kantor merpati di jalan melati 51 yang baru beberapa hari juga pindah dari kantor sebelumnya di gatot subroto. Merpati kembali menempati gedung / kantor yang lama yang aku sendiri ga tahu kenapa dulu pindah ke gatsu dan sekarang balik lagi ke melati.

Saat tiba aku lihat kantor sudah di pagar dan di gembok, namun terlihat dari luar pagar beberapa staff merpati sedang duduk di lobby lantai 1 kalo ga salah ada 5 orang yang santai ngobrol terlihat dari luar pagar.

Saat mereka melihat aku diluar pagar aku mencoba melambai sambil memberi isyarat aku mau masuk , obrolan mereka sepertinya terputus dan terlihat salah satu mengawali dengan bangun dari kursi dan beranjak untuk pergi, dimana staff yang lain juga terlihat gelagatnya akan sama juga yaitu kabur dan tidak perlu merespon aku yang kepanasan dengan uniform kantor di luar pagar.

Salah satu petugas yang didalam mencoba bersembunyi di balik tembok agar tak terlihat olehku dari luar pagar. aku mencoba menggeser arah lebih ke utara lagi dan terlihat juga staff yang sembunyi tadi tapi dia bergegas merubah badan agar tak terlihat lagi ( mirip kayak main petak umpet )

Langsung sebuah pertanyaan besar ada dibenakku dan ini menambah semangat untuk mencari tahu lagi ada apa dengan MERPATI ?. Aku putuskan untuk lompat pagar dari arah depan kantor.

Awalnya petugas yang tadi kaget melihat aku sudah di depan pintu pasti dia tidak berkikir aku akan nekat masuk lompat pagar. dari balik pintu pun aku mencoba berkomunikasi dgn menyampaikan aku dari travel agent walaupun sebenarnya tanpa menyebutkan dia sudah tahu pastinya karena aku datang dengan pakain kantor. Tapi si pegawai ini tetap tidak mau buka pintu katanya ga ada kunci ” emang anak aku ini anak kecil yang mudah di bohongi ” pikirku. 

Karena akau tetap memaksa dia bilang coba lewat belakang aja pak. Saat aku mencoba lewat pintu belakang dia langsung ambil langkah dan berlari menaiki anak tangga ke lantai dua. Akupun tambah semangat untuk mencari tahu ada apa sesungguhnya dengan merpati nusantara ini.

Aku kembali lompat pagar dan mencari jalan dari pintu belakang, dari kejauhan aku berteriak saat melihat ada petugas yang mengunci pintu dengan cepat namun tetap berpura-pura tidak mendengar teriakanku ” hey..aku mau masuk jangan di kunci pintunya ” tapi orang ini tetap tidak peduli dan bergegas pergi tanpa menghiraukan ucapanku.

Setelah di depan pintu kantor belakang akupun masih mencoba dengan cara yang baik mengetuk pagar namun tidak ada yang keluar. Setelah beberapa saat aku ambil foto terlihat beberapa motor terparkir rapi artinya ada orang di gedung ini tapi semua tidak mau keluar dan akupun memutuskan untuk lompat pagar dan masuk ke ruangan dari belakang.

Aku langsung bergegas ke lantai dua, di bawah semua ruang tertutup dan lobby yang biasa tempat pelayanan reservasi tidak ada orang satupun. Saat dilantai dua aku hanya melihat 2 orang yang satu lagi mengintip keluar dari jendela mungkin dia memastikan apakah aku sudah pergi.

“Hey… saya sudah disini kenapa kamu lari ? pegawai yang mengintip itupun langsung  berkata “jangan sama saya pak langsung aja sama pimpinan saya.  Sebelum pimpinan yang disebutkan datang pegawai yang satunya yang sempat aku ajak bicara di bawah yang lari paling akhir dan menyarankan aku masuk dari pintu belakang pun bilang ” maaf pak saya pikir dari penumpang, saya ga tahu masalah pak. “

Wow… ada apa lagi ne kenapa semakin ane orang2 di merpati? Setelah sempat mengungkapakan kekesalan kepada pegawai itu karena alasan dia ga masuk akal. padahal dia sudah jelas tahu aku bukan penumpang dan akupun bilang dari travel agent. Selang beberapa menit  orang yang disebut pimpinan datang menghampiriku  dia adalah ibu kadek yang aku tahu dia menjabat accounting manager di sana.

Tanpa basa-basi sambil menggenggam hp dan aku dengar dia sedang online dengan pimpinannya ” jadi bapak lagi di jakarta sekarang, besok bapak balik ke denpasar ya.. ne saya lagi dikantor lagi ada pak chris pimpinan dari KSB Tours datang kesini sepintas aku dengar dia berbicara di telepon.

Aku kembali diam menunggu dia selesai telepon. Saat selesai telepon baru aku sampaikan maksud kedatangan ke kantor ini baik yaitu melakukan proses refund karena flight merpati salah satu penumpang kami cancel dari tujuan waingapu ke denpasar, tapi kenapa perlakuan dari pihak merpati seperti ini ?

Aku bukan rampok kok semua pada takut dan kabur ? sebenarnya malas juga dengar alasanya yang sangat tidak masuk akal. Tapi sudahlah yang penting aku ga mau tahu pokoknya uang ini harus aku terima dan aku tunggu info lebih lanjut mengenai merpati ini besok.

Aku tetap berharap semoga Merpati tidak BANGKRUT.. walaupun aku dengar isu itu namun semoga ada jalan keluar, tapi kalaupun akan di tutup harapanku MERPATI NUSANTARA ini tidak seperti airlines swasta lainnya yang melepas tanggung jawabnya kepada pihak travel agent dan penumpang.

Sungguh malunya jika nantinya pihak merpati ini tutup dan kabur dengan jutaan bahkan mungkin ratusan juta uang deposit travel agent dan uang dari penumpang tidak di kembalikan. Dimana kita tahu merpati ini milik pemerintah, artinya jika jalan itu yang dipilih pihak merpati atau pemerintah berarti pemerintah secara tidak langsung sudah  merampok uang rakyat .